201824Apr
TOEFL ITP Di Pusat Bahasa Universitas Negeri Medan

Posted by Admin in Berita | 3430 Viewers

-toefl-itp-di-pusat-bahasa-universitas-negeri-medan

Test OF English as a Foreign Language atau sering disebut TOEFL, yakni salah satu alat ukur kompetensi Bahasa Inggris seseorang dalam konteks akademik. Tes ini dikembangkan dan merupakan otoritas dari Educational Testing Service (ETS) yang bermarkas di New Jersey – USA.

The Indonesian International Education Foundation (IIEF) atau Yayasan Pendidikan Internasional Indonesia, merupakan perwakilan ETS di Indonesia yang mengelola ITP (Institutional Testing Program) bagi lebih dari 100 institusi di Indonesia atau dengan kata lain memiliki daftar sekitar 130 penyelenggara ITP resmi untuk Indonesia. Jadi Hasil TOEFL dari Penyelenggara ITP yang dikelola IIEF nilainya setara dengan TOEFL Internasional (yang mendapat pengakuan ETS), merupakan tes TOEFL yang resmi dikeluarkan oleh ETS melalui IIEF.

Institutional Test Program TOEFL merupakan tes bahasa Inggris yang menggunakan media kertas (paper-based) untuk menguji kemampuan bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Pusat Bahasa saat ini hanya melayani Paper-Based Test (PBT) dari TOEFL ITP.

7 cara Anda dapat menggunakan TOEFL® ITP:

  1. Penempatan dalam program bahasa Inggris intensif yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris akademik di tingkat perguruan tinggi atau pascasarjana.
  2. Pemantauan kemajuan dalam program-program berbahasa Inggris yang menekankan kemampuan berbahasa Inggris akademik.
  3. Mengekspor program bahasa Inggris dengan menunjukkan kemahiran dalam mendengarkan dan membaca bahasa Inggris.
  4. Penerimaan untuk program jangka pendek, non-gelar di negara-negara berbahasa Inggris di mana lembaga pengirim dan penerima setuju untuk menggunakan skor TOEFL® ITP.
  5. Penerimaan untuk program sarjana dan pascasarjana yang mengambil gelar di negara-negara yang tidak berbahasa Inggris di mana bahasa Inggris bukanlah bentuk pengajaran yang dominan.
  6. Penerimaan dan penempatan dalam program gelar internasional kolaboratif di mana pelatihan bahasa Inggris akan menjadi fitur program.
  7. Program beasiswa, sebagai kontribusi dokumentasi untuk kemahiran bahasa Inggris akademik.

Sumber: TOEFL ITP Test Taker Handbook

Alur Pendaftaran Online TOEFL ITP 1