201815May
TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (TKBI)

Posted by Admin in Berita | 6333 Viewers

tes-kemampuan-bahasa-inggris-(tkbi)

Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) merupakan tes prediksi TOEFL yang mengukur kompetensi berbahasa mahasiswa Universitas Negeri Medan dalam mendengarkan, membaca dan memahami dalam bahasa Inggris. Keseluruhan perolehan nilai mahasiswa dapat dijadikan bahan pemetaan kemampuan berbahasa Inggris yang dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan mutu lulusan di masa depan. Tes Kemampuan Bahasa Inggris ini GRATIS tidak dipungut biaya.  Ada 2 jenis TKBI yang disediakan Pusat Bahasa yaitu :

  1. Tes Kemampuan Bahasa Inggris Wisuda

Tes Kemampuan Bahasa Inggris Wisuda selanjutnya disebut TKBI Wisuda merupakan tes prediksi TOEFL bagi mahasiswa semester akhir sebagai salah satu dari dua tes standar yang harus diikuti mahasiswa sebagai bagian dari prasyarat kelulusan/ kesiapan menjadi bagian dunia kerja internasional. Dilaksanakan setiap satu bulan sebelum Wisuda.

8. Ujian TKBI Wisuda

 

  1. Tes Kemampuan Bahasa Inggris Computer Based Test bagi Mahasiswa Baru

Tes kemampuan bahasa Inggris computer based test bagi mahasiswa baru selanjutnya disebut TKBI CBT MABA. Tujuan dari tes ini adalah sebagai pemetaan kompetensi bahasa Inggris mahasiswa baru Universitas Negeri Medan. Dan tes ini bersifat wajib bagi mahasiswa baru karena akan menjadi persyaratan untuk mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris Wisuda. Pelaksanaan ujian ini akan disosialisasikan langsung oleh Pusat Bahasa kepada mahasiswa baru pada saat registrasi.

Dalam pelaksanaannya ada 3 tahap dalam TKBI :

  1. Listening Comprehension (50 soal)
  2. Structure & Written Expression (40 soal)
  3. Reading Comprehension. (50 soal)
Section Number of Questions Administration Time Score Scale
Listening Comprehension 50 35 minutes 31-68
Structure and Written Expression 40 25 minutes 31-68
Reading Comprehension 50 55 minutes 31-67
TOTAL 140 115 minutes 310-677

 CBT TKBI 2018